Cara Setting Fair Usage Policy (FUP) di The Userman

Fair Usage Policy yang selanjutnya disebut FUP adalah salah satu teknik pengaturan bandwidth yang umum digunakan oleh penyedia jasa internet. Metode pengaturan semacam ini dimaksudkan untuk membatasi penggunaan layanan dan lalu lintas yang tidak wajar. Teknik membatasi ini dilakukan dengan memberikan jatah maksimal quota kepada pengguna kemudian jika batas quota wajar tersebut telah habis terpakai maka kecepatan internet si pengguna akan menurun. kalian tentu pernah mengalami hal semacam ini kan? Nah, inilah yang disebut FUP.

Untuk menerapkan FUP di Mikrotik sebenarnya terdapat cara yang beragam salah satunya menggunakan Script + Scheduler (Penjadwalan). Namun demikian, masing-masing cara tersebut sebenarnya membutuhkan pengetahuan lebih sehingga sepertinya bagi pengguna awan akan cukup kesulitan. Hal ini yang membuat saya tertarik menambahkan fitur FUP ke aplikasi ini. The Userman menyederhanakan beberapa langkah pengaturan FUP menjadi sekali klik saja. Berikut adalah cara pengaturannya.

Cara Setting Fair Usage Policy (FUP) di The Userman

Nama FUP = Diisi bebas dan jangan sampai sama. Misal (FUP Satu, Dua, dst...);
Source Group = Nama Group Bandwidth Limit (User Profile) Yang akan dilimit. Misal (Group-1024K);
Destination Group = User Yang Telah Melewati Quota Wajar Akan diubah ke Group Ini. Misal (Group-64K);
Limit at = Batas Maksimal Quota Untuk Pengguna. 

Catatan:
Source Group dan Destination Group adalah "User Profile" sedangkan di Aplikasi The Userman "Bandwidth Limitation Group".

Cara kerja fitur ini adalah dengan menambahkan sebuah script ke system scheduller yang akan dieksekusi setiap semenit sekali. Harap Pastikan bahwa scheduller tersebut berjalan ditandai dengan Run Count yang selalu bertambah setiap semenit. Jika tidak, Ubah tanggal dan waktu Mikrotik sesuai tanggal sekarang. Pengaturan tanggal dan waktu ini hampir sama dengan pengaturan Validity Cek Disini. Semoga terbantu :)

Post a Comment

10 Comments

  1. maaf gan,
    selama user belum logout, maka fup ini ga berlaku ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gini gan, pada saat user telah mencapai fup, sebelum logout kecepatan belum berubah,..

      setelah logout lalu login kembali, maka kecepatan user sudah fup (berubah). solusinya gan?

      Delete
    2. fup di aplikasi the userman akan langsung diterapkan tanpa perlu menunggu user logout. terima kasih.

      Delete
    3. kalau saya bikin script sendiri gan. jadi user yg statusnya masih aktif harus di tendang dulu, ketika login kembali bisa mengikuti fup yang baru.

      Delete
  2. saya mengalami kendala tidak bisa membuat fup. screenshootnya seperti ini https://ibb.co/qmY8gsn

    ReplyDelete
    Replies
    1. format tanggal komputer ubah menjadi dd/MM/yyyy dan waktu menjadi hh:mm:ss di rilis berikutnya beberapa hari lagi anda tidak perlu merubah format tanggal komputer.

      Delete
  3. fup profilenya sudah berganti ke yang di limit, tapi queue atau limit tidak jalan. versi terbaru

    ReplyDelete
  4. punya saya harus log out dulu baru bisa
    ini screenshot scheduller
    https://paste.pics/9FO7Y

    ReplyDelete
  5. ada solusi ngak buat pelanggan bulanan sistem login mac untuk tiap tanggal 1 di tiap bulan FUP akan hilang/direfresh ke semua seperti indihome browsing sana sini cuma nemu interval 30d kan bulan gak 30d semua ada yg 31d ada yg 29d jg

    ReplyDelete