Pengaturan PCQ + Simple Queue Pada Versi 3.4.0

Sebenarnya sudah dari dulu saya merasa perlu menambahkan fitur PCQ ke aplikasi The Userman. Fitur ini memungkinkan melakukan manajemen Bandwidth untuk User yang bersifat Dinamis.  Secara definisi, PCQ atau Per Connection Queue adalah pengaturan manajemen bandwith bersifat massive. PCQ sangat berguna karena walaupun jumlah user aktif sejumlah puluhan atau ratusan, tidak membutuhkan konfigurasi yang rumit. PCQ juga dapat diterapkan pada Simple Queue maupun Queue Tree.

Pengaturan PCQ + Simple Queue Pada Versi 3.4.0

PCQ bekerja berdasarkan Rate. Jika nilai pcq-rate=0 dan max-limit yang diberikan oleh Simple Queue atau Queue Tree adalah 1M (1024k), maka user akan mendapatkan bandwidth maksimum yang telah ditetapkan melalui konfigurasi Simple Queue atau Queue Tree. Bandwidth tersebut selanjutnya akan dibagi rata sejumlah user yang sedang aktif. Berikut adalah gambar ilustrasi cara kerja PCQ menggunakan pcq-rate=0.

Pengaturan PCQ + Simple Queue Pada Versi 3.4.0

Tapi jika pengaturan Rate ditentukan menjadi pcq-rate=256k dan max-limit yang diberikan oleh Simple Queue atau Queue Tree adalah 1M (1024k), maka setiap user akan tetap mendapatkan alokasi bandwidth sebesar 256k meskipun user yang aktif hanya 1 orang dan masih ada bandwidth yang tersisa sebesar 768k. Jika ada 2 user yang aktif, maka masing-masing user akan tetap mendapatkan bandwidth maksimal yaitu 256k+256k=512k. Ilustrasinya dapat dilihat pada gambar berikut.

Pengaturan PCQ + Simple Queue Pada Versi 3.4.0

Pengaturan PCQ melalui aplikasi The Userman dapat dilakukan melalui menu Bandwidth & Quota - PCQ + Simple Queue. Fitur ini dapat menjadi alternatif bagi anda jika menginginkan pembagian Bandwidth secara merata. Adapun contoh nya dapat dilihat pada gambar pertama diatas. Semoga para pengguna setia aplikasi The Userman dapat terbantu dengan fitur ini.

Post a Comment

5 Comments

  1. Untuk mencetak voucher hasil generate yg baru, knp id dan pass. Yg sblmnya dan yg sedang aktif ikut tercetak juga. Apakah ada solusinya... Mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cetaknya jangan semua user gan. cetak berdasarkan grup comment aja. Misal, generate user baru kasi keterangan/comment "Baru" trus cetak berdasarkan grup comment tersebut.

      Delete
  2. mau bertanya untuk pembuatan Voucher, pada di Generate kolom paling bawah, Berlaku Sampai.....Hari, Apakah bisa Berlaku Sampai di Buat jam saja, jika bisa bagaimana caranya ?

    ReplyDelete
  3. bagaimana dengan hub antr pcq dengan setting di daftar limitasi bandwith?

    ReplyDelete