Memaksimalkan Fitur Validity The Userman

Sudah lama sekali saya berniat melakukan sedikit perubahan untuk memaksimalkan fitur validity di aplikasi The Userman ini namun terkendala kesibukan yang sangat padat. Fitur ini sangat berguna untuk memberikan masa berlaku dari masing-masing user yang digenerate. Namun demikian cara kerjanya dirasa masih belum maksimal karena script yang digunakan untuk melakukan validasi dijalankan 1x sehari. Hal ini membuat pengguna yang seharusnya expired pada hari ini akan mundur 1 hari. Alhasil banyak yang menyayangkan fitur ini.

Pada Rilis ke 11 ini saya melakukan sedikit perbaikan pada fitur validity ini. Secara keseluruhan, cara kerja masih sama dengan sebelumnya hanya saja ada beberapa perubahan yang perlu dicatat :

Memaksimalkan Fitur Validity The Userman

1. Pada proses instalasi validity, pengguna dapat menentukan interval untuk menjalankan script. Terdapat 3 pilihan yaitu Menit, Jam dan Hari. Script validasi akan dijalankan berdasarkan interval yang dipilih (misal 1 menit sekali atau 1 jam sekali)

2. Validasi dilakukan menggunakan Tanggal dan Waktu. Informasi Tanggal dan Waktu user pertama kali login akan ditambahkan di kolom komentar. Informasi tersebut selanjutnya dijadikan parameter oleh script yang terpasang untuk menonaktifkan user yang telah melewati masa aktif. Hal ini  membuat Fitur Validity menjadi lebih maksimal.

Saya mencatat, sejak versi sebelumnya, banyak pengguna yang gagal menginstall Fitur Validity ini. Pada postingan ini saya tekankan agar anda mengganti format tanggal komputer menjadi dd/MM/yyyy (Tanggal/Bulan/Tahun) dan untuk format waktu menjadi (hh:mm). Hal ini karena aplikasi The Userman menggunakan format tanggal dan waktu tersebut. Pastikan waktu dan tanggal sesuai dengan waktu dan tanggal yang sebenarnya. Perhatikan format yang saya gunakan berikut (klik untuk memperbesar).
Memaksimalkan Fitur Validity The Userman
Memaksimalkan Fitur Validity The Userman
Memaksimalkan Fitur Validity The Userman
Selain itu, pada beberapa kasus, Fitur ini tidak berjalan dengan baik. Permasalahan ini terjadi karena pada saat menginstall Validity tanggal komputer dan tanggal Routerboard tidak sama. Jadi Pastikan waktu dan tanggal Routerboard sesuai dengan waktu dan tanggal yang sebenarnya. Perhatikan Gambar berikut (System - Clock)

Memaksimalkan Fitur Validity The Userman

Post a Comment

9 Comments

  1. masih terjadi error gan... tgl komputer serta jam sudah sama dengan mikrotik. mohon pencerahan...

    ReplyDelete
  2. Salam! Saya ingin menanyakan apakah mungkin membatasi pengguna untuk keluar dan validitas voucher hanya bagus untuk satu log-in saja. Masalah saya adalah ketika saya membuat 1 JAM VOUCHER beberapa pengguna keluar dan validitas voucher akan diperpanjang. Apakah ada cara ketika kode voucher login, waktu akan terus berlanjut bahkan jika mereka keluar? TERIMA KASIH!

    ReplyDelete
  3. Bos bisa minta tolong tidak? Saya ingin buat skrip voucher harian max 12h.
    Saya tidak familier dengan script ROS. Saya ingin di on login/logout seperti ini : check comment is empty, if yes set comment = now + 1d (komen di set ke jam/tgl besok).
    If not empty and comment-logintime<uptimeused+uptimelimit set uptimelimit=uptimeused+(comment-logintime)
    Misal uptimelimit=12h, ketika user login 5 menit terus logout, besok login lagi 1 jam sebelum berakhir maka uptimelimit tinggal 1 jam ditambah 5 menit waktu terpakai. Fungsinya untuk reset uptimelimit otomatis mengikuti jam/tgl dari comment (nextday), jika uptimelimit masih panjang, sedang waktu valid tinggal sedikit.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Kalau agak ribet gini saja, saat login.
    Langsung saja jika kosong komen diset logintime+1d
    jika isi uptimelimit=komen-logintime+uptimeused
    Jadi limit 1d, valid juga 1d

    ReplyDelete
  5. validasi bagusnya isi manual biar sesuka yg bikin validasi dan livit.terimakasih sebelumnya.masih bingung dengan sistem setinganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. validasi dan limitasi manual saja gan.isi kolom /kl otomatis pilihan kumplit.tapi bagus manual saja.isian persis di userman manual isi nya

      Delete
  6. can i use colon (:) to the comment when generating users? i saw that you use colon to separate the comments of the creator and info that the system add to the creator's comment, i dont know if when i use the colon on comment will cause bugs or not. is it safe?

    ReplyDelete