Monday, November 20, 2017

Fitur Install & Uninstall Validity di Aplikasi The Userman

Sejak rilis keempat, aplikasi The userman sudah dilengkapi dengan fitur validity. Fitur ini memungkinkan pengguna membatasi masa aktif user yang dibuat secara massal (generate). Fitur ini juga sudah diperbarui pada rilis kelima dengan menggunakan konsep validity milik userman Mikrotik. Selengkapnya silahkan baca penjelasannya disini.

Fitur Install & Uninstall Validity di Aplikasi The Userman

Pada rilis ketujuh ini sebenarnya tidak ada yang berubah dengan konsep validity sebelumnya. Hanya saja, pada versi 2.1.1 ini pada antarmuka aplikasi disediakan fasilitas untuk install dan uninstall fitur validity ini. Saya berfikir untuk menambahkan fitur ini karena pertanyaan dari salah seorang pengguna dikolom komentar salah satu tutorial aplikasi The Userman.

Secara umum, Proses install yang dilakukan oleh aplikasi ketika melakukan pengaturan validity adalah melakukan pemasangan scheduler pada mikrotik dan menambahkan script pada event on login di semua user profile hotspot. Sedangkan proses uninstall adalah menghapus scheduler yang telah ditambahkan dan mengosongkan script yang telah ditambahkan pada masing-masing user profile hotspot.

Adapun menu install dan uninstall akan aktif secara bergantian. Artinya, Jika Fitur validity belum terpasang maka yang aktif adalah menu Install sedangkan jika validity telah terpasang maka yang aktif adalah menu uninstall. Menu ini diletakkan menjadi sub menu di menu Validity Setting.

Dengan menu ini diharapkan pengguna aplikasi The Userman menjadi lebih nyaman karena dapat menambahkan dan menghapus pengaturan masa berlaku (Validity) melalui antarmuka aplikasi. Selamat mencoba. :)  

4 comments: