Saturday, October 28, 2017

Cara Import User Hotspot Dari File CSV Pada Aplikasi The Userman


Rilis kelima aplikasi The Userman dilengkapi dengan dua buah fitur baru salah satunya adalah fitur import user hotspot dari file Comma Separated Value atau yang lebih dikenal dengan file CSV (*.csv). Fitur ini akan memudahkan anda untuk menambahkan user hotspot secara massal yang berasal dari file CSV.

Saya merasa perlu menambahkan fitur ini karena tidak menutup kemungkinan pengguna aplikasi The Userman telah memiliki daftar pengguna yang telah tersimpan di file csv. Adalah kesulitan tersendiri jika akan menambahkan user tersebut satu persatu. Di lain kasus jika anda adalah seorang guru atau dosen yang telah memiliki daftar anak didik di file excel dan ingin menjadikannya user hotspot maka fitur ini dapat digunakan.

Namun demikian fitur ini memiliki beberapa aturan agar dapat bekerja dengan baik. Berikut adalah beberapa syarat agar proses import dapat berjalan dengan baik

1. File Harus berformat CSV (*.csv). Jika yang anda miliki adalah file excel (*.xls/xlsx) anda dapat melakukan save as ke format CSV melalui aplikasi Microsoft Excel.

2. Pemisah masing-masing field adalah titik koma (;). Jika anda tidak mengerti silahkan buka file CSV anda menggunakan Teks Editor. Berikut adalah contoh jika dibuka menggunakan notepad++

Cara Import User Hotspot Dari File CSV Pada Aplikasi The Userman

Berikut adalah hasilnya jika file tersebut dibuka menggunakan Aplikasi Microsoft Excel

Cara Import User Hotspot Dari File CSV Pada Aplikasi The Userman

Hal yang harus anda pahami adalah urutan dan jumlah kolom pada file CSV tersebut diatas karena akan berpengaruh pada hasil import. Pada Aplikasi The Userman telah dibuat aturan bahwa Kolom pertama (A) adalah Userlogin, Kolom kedua (B) adalah User Profile (Limit Bandwidth), Kolom ketiga (C) adalah Password sedangkan Kolom terakhir (D) adalah komentar. Perhatikan bahwa anda harus menginputkan User Profile (Limit Bandwidth) sesuai dengan yang ada di Router Mikrotik anda, Jika anda tidak paham gunakan saja default. 

3. Aturan ketiga adalah Jangan sampe ada Value Userlogin yang sama pada file CSV tersebut. 

4. Terakhir, Jangan buka File CSV yang akan anda import menggunakan Aplikasi lain seperti Microsoft Office. 

Berikut adalah contoh template File CSV (Download)


No comments:

Post a Comment