User Manager (userman) Untuk RouterBoard Seri Hap Lite

Tidak dapat dipungkiri ada beberapa seri Router Board yang tidak dapat dipasang (install) package userman. Seri Router Board ini dibandrol dengan harga yang relatif murah. Biasanya seri router board ini diberi embel-embel hap lite. Tentu hal ini akan menjadi persoalan sendiri mengingat peran penting dari userman. admin sendiri pernah mengalami kesulitan tersebut karena merupakan pengguna salah satu seri router hap lite ini. gambar dibawah ini adalah seri router board yang admin gunakan.


Sebagai orang yang bijak, tentu tidak ada gunanya menyesal karena membeli seri router tersebut diatas. Apalagi dengan menyalahkan pihak produsen karena berdasarkan informasi yang saya peroleh Router Board seri Hap Lite memang didesain untuk jaringan rumahan atau istilahnya Small Office Home Office (SOHO).  

Tidak kekurangan ide, admin berinisiatif membuat sendiri Aplikasi yang setidaknya memiliki kemampuan seperti package userman. Bila diperhatikan, userman hanya digunakan untuk melakukan generate user hotspot dan mengeksportnya dalam bentuk voucher sehingga memudahkan dalam proses pendistribusian. Alhasil, Jadilah aplikasi ini yang admin beri nama The Userman dengan semboyan Alternative User Manager For Mikrotik

User Manager (userman) Untuk RouterBoard Seri Hap Lite

Aplikasi ini berbasis Desktop dan berjalan dengan stabil di Windows dan Linux. Fitur-fitur dan kemampuan aplikasi ini dapat dilihat disini. Sebelum menggunakan, pastikan bahwa anda sudah mengaktifkan service API pada Mikrotik, caranya dapat dilihat disini. Jika anda sudah mencobanya silahkan bagikan pengalaman anda pada kolom komentar. 

Post a Comment

32 Comments

  1. Aplikasi yang sangat bermanfaat untuk membuat bisnis kecil kecilan hotspot...
    semoga semakin di kembangkan dan menjadikan pahala keberkahan bagi pembuat dan keluarganya,, saya sangat berterimakasih dengan sangat banyak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah menggunakan aplikasi The Userman. :)

      Delete
  2. mas boleh request fitur?
    kalau bisa di kasih export voucher berdasarkan "keterangan."
    jadi 1 kali generate bisa di export langsung ke kartu voucher.
    kalau berdasarkan bandwith , nanti tercampur antara yang sudah di print dengan yang bru aja generate..
    suwun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap. ditunggu ya.
      minggu ini masih ada projek lain yang harus diselesaikan.
      sedang mengembangkan versi androidnya juga ni. mohon do'a biar cepat selesai. :)

      Delete
  3. oh ya,, juga kalau ada donasi di kasih bank rekening indonesia juga...
    krn tak semua punya paypal, dan tahu tentang paypal.. hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip. nanti ditambahkan. thanks masukannya gan. hhe

      Delete
  4. ok mas,, tak bantu share di grub-brub rtrwnet dan mikrotik,,, semoga sukses dan tetap gratis..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip. terima kasih banyak.
      tenang saja. dari awal niat saya memang untuk digratiskan. :)

      Delete
  5. Replies
    1. mohon maaf untuk minggu ini belum bisa. kemungkinkan antara tanggal 6-10 Agustus. ada fitur lain yg mau direquest?

      Delete
  6. usulan fitur kedepan
    1.bisa di resize windows nya.
    2.di bagian user ada colum tanggal login terahir kali/ pertama kali.( soalnya sering user belum habis uptime nya udah gak di pake) ahirnya menumpuk user yang dah gak kepake.
    3.di bagian tabel user/yg lain ada pola hitam putih, misal baris pertama agak hitam , baris ke dua putih , atau terserah warnanya mas, biar lebih enak lihat table nya.
    4.di menu generate user bisa di tambahi huruf sesuka kita, misal huruf pertama dan ke dua bh,,, huruf yag ke 3-4 atau sekian geneate.
    dah 4 itu aja dulu, yg cocok dan bisa di aplikasikan.. monggo. kalau emang tdk bisa ya gmn lagi..

    salam kenal dan semangat mas. suwun

    ReplyDelete
  7. sip. nanti saya tambahkan. tunggu waktu luang dulu. saya benar2 belum ada waktu.
    nanti saya juga akan menambahkan fasilitas validity (solusi usulan kedua. user akan otomatis berwarna kuning jika masa valid sudah habis akan ada fasilitas untuk menghapusnya)
    selain itu akan ada fasilitas untuk menambahkan harga voucher.
    untuk usulan keempat akan dibuat maksimal 2 huruf awal saja yang dapat diatur selebihnya akan digenerate.
    kemungkinan akan dirilis tanggal 17 Agustus atau paling lambat 1 September.

    ReplyDelete
  8. wah mantab mas kalau bisa di rilis tanggal 17 Agustus 2017. Ultah indonesia..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap. diusahakan. nanti akan ada fasilitas agar user bisa login menggunakan QR Code juga. Enjoy!

      Delete
  9. mohon maaf untuk pengembangan versi androidnya tertunda sementara untuk waktu yang agak lama karena beberapa pertimbangan dan kesibukan kami. thanks.

    ReplyDelete
  10. om kasih username prefix, biar bisa kasih angka di awal username nya

    makasih

    ReplyDelete
  11. Mas kalau bisa tambahin juga group limit berdasarkan kuota. Misalnya buat generate voucher dengan kuota 3 Gb untuk 30 hari max bandwidth 3 Mbps. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti akan ditambahkan untuk fasilitas limitasi quotanya.

      Delete
  12. Rilis terbaru sudah di upload bersama fitur2 yang direquest. Silahkan didownload. Dirgahayu Republik Indonesia! Merdeka! 17/08/2017

    ReplyDelete
  13. maaf baru nyoba
    ini ada sedikit yg kurang menurut saya

    1. saat prefix kita set 1 karakter dan user nya 5 karakter, pasword 6 karakter
    yang muncul passordnya cuma 5 karakter
    2. kalau boleha generate nya bisa di buat huruf kecil semua atau huruf besar semua
    soalnya pemakai / user sering salah masukin besar kecilnya huruf

    terima kasih ini sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih masukannya gan. nanti kita tambahkan pada rilis berikutnya.

      Delete
  14. friendly user programnya , maksih sekali mas, semoga di tambahkan rejeki yang yang barokah, bermanfaat sekali , top markotop,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn..
      terima kasih sudah menggunakan aplikasi The Userman :)

      Delete
  15. Apakah ini di instal di pc dan pc harus konek inet untuk komuniksai the userman dan mikrorik gan.... Maaf pemula

    ReplyDelete
  16. Your such a very wise man very helpful and informative your designed are so user friendly..thank you very much and more programming ingenuity.

    ReplyDelete
  17. Hello, thank you very much for this application. I have a HAP Lite and I had been trying to force installation of userman into my router to no avail. Thank you again!

    ReplyDelete
  18. saya ucapkan banyak terima kasih semoga diberi rezeki lebih mas,karena dengan theuserman sangat membantu dan bermanfaat ,untuk saya dalam membangun hostpot kecil-kecilan.thank's

    ReplyDelete
  19. I cant log.in! how do we configure this?

    ReplyDelete
  20. User Manager sendiri adalah salah satu fitur yang dimiliki oleh RouterBoard, yaitu router yang dibuat oleh MikroTik. Fitur ini memungkinkan para pengguna internet untuk mengatur akses internet pada jaringan yang mereka miliki.

    Dalam artikel tersebut, dijelaskan tentang beberapa hal yang perlu diketahui tentang User Manager. Pertama, User Manager dapat membantu para pengguna internet untuk mengontrol akses internet pada jaringan mereka. Pengguna dapat menetapkan aturan-aturan tertentu, seperti waktu akses, jumlah bandwidth yang dapat digunakan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, pengguna dapat mengontrol penggunaan internet dan memastikan bahwa sumber daya jaringan tidak disalahgunakan.

    Kedua, User Manager juga dapat membantu para penyedia layanan internet (ISP) dalam mengelola akses internet pada jaringan mereka. Dalam hal ini, User Manager dapat membantu ISP dalam menyediakan akses internet dengan berbagai paket yang disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan. Selain itu, User Manager juga dapat membantu ISP dalam mengumpulkan informasi tentang pengguna internet, seperti riwayat penggunaan, pemakaian data, dan sebagainya.

    Selain itu, artikel ini juga memberikan panduan yang lengkap tentang cara mengatur dan menggunakan User Manager pada RouterBoard. Dalam panduan tersebut, dijelaskan secara detail tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengatur aturan akses internet, mengelola akun pengguna, dan lain sebagainya.
    https://google.co.cr/url?q=https%3A%2F%2Fbarcode-wifi.blogspot.com
    Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah artikel ini dibuat pada tahun 2017, yang artinya beberapa informasi dan panduan yang terdapat dalam artikel mungkin sudah tidak berlaku atau berubah seiring waktu. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk selalu memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengatur jaringan dan akses internet pada RouterBoard.

    Secara keseluruhan, artikel tentang User Manager atau Userman untuk RouterBoard pada blog The User Man ini sangatlah informatif dan dapat memberikan banyak manfaat bagi para pengguna internet maupun ISP. Panduan yang diberikan juga sangat lengkap dan mudah dipahami. Namun, penting bagi pengguna untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi dan memperbarui pengetahuan mereka dalam mengelola jaringan dan akses internet pada RouterBoard.
    by : https://barcode-wifi.blogspot.com

    ReplyDelete